Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1810
Title: PENGARUH PENDEKATAN USWAH HASANAH TERHADAP SELF REGULATION SISWA DI MA MATHLA’UL HUDA BANDUNG
Authors: Hilyatussu’ada, 18311910
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Self regulation merupakan upaya individu untuk mengatur diri dalam suatu aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisi, motivasi, dan perilaku aktif. Ketiganya merupakan aspek regulasi diri yang diaplikasikan dalam pembelajaran. Pembentukan regulasi diri dapat dipengaruhi salah satunya dengan pendekatan uswah hasanah. Pendekatan Uswah hasanah merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan self regulation siswa, hal ini karena pendekatan uswah hasanah merupakan implementasi nyata dari seorang guru yang akan dilihat langsung oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan uswah hasanah terhadap self regulation siswa di MA Mathla’ul Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sample 61 siswa (22 laki-laki dan 39 perempuan) kelas XII. Pengambilan sample menggunakan Teknik probability sampling dengan metode random sampling. Analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS 25 for windows dengan Teknik regresi liniear angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pendekatan uswah hasanah terhadap self regulation siwa di MA. Mathla’ul Huda, dengan nilai signifikansi 0.000 (ρ < 0,05) serta tingkat pengaruhnya sebesar 27,7%
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1810
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311910.pdf
  Restricted Access
2.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.