Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1812
Title: PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BRAILLE TERHADAP PRESTASI BACA TULIS AL-QUR'AN ANAK TUNANETRA DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL LEBAK BULUS JAKARTA SELATAN
Authors: Audi Maulidya, 18311955
Advisor: Hasanah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Kegiatan pembelajaran Al-Qur'an ini sangatlah penting bagi setiap umat Islam sebagai modal awal untuk mempelajari dan memperdalam ajaran Islam. Tetapi tidak semua muslim dapat membaca Al-Qur'an dengan indera penglihatannya sehingga ia tidak bisa melihat bagaimana tulisan Al-Qur'an tetapi mereka bisa memaknai isi Al-Qur'an dengan membacanya. Al-Qur'an Braille merupakan salah satu sarana bagi para penyandang tunanetra untuk bisa menikmati indahnya kalam Ilahi dan juga mereka bisa mengerti isi dari Al-Qur'an yang menjadi pedoman hidup para muslim. Tidak mudah bagi seorang tunanetra untuk mempelajari Al-Qur'an tersebut, karena huruf-huruf yang ada didalamnya tidak seperti huruf hijaiyah pada umumnya. Pelaksanaannya membutuhkan keterampilan khusus dan waktu yang tidak sedikit. jadi, tidak mengherankan jika pada kenyataannya masih banyak penyandang tunanetra yang masih buta dalam baca tulis Al-Qur'an. Hal ini menjadi perhatian bagi penulis dan tertarik untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Braille Terhadap Prestasi Belajar Anak Tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta Selatan. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Al-Qur'an Braille terhadap prestasi belajar Al-Qur'an anak tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data primer ialah penyebaran kuesioner (angket) dan observasi untuk mendapatkan hasil penulisan siswa tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta Selatan. Dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, Pembelajaran Al-Qur'an Braille berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Anak Tunanetra dikarenakan nilai t hitung sebesar 6,446 lebih besar dari t tabel 2,021, yang berarti hipotesis Ha diterima bahwa Terdapat pengaruh pembelajaran Al-Qur'an Braille terhadap prestasi belajar Al-Qur'an anak tunanetra.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1812
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311955.pdf
  Restricted Access
3.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.