Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1898
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Faza Karimatul Akhlak | - |
dc.contributor.author | Azizah, 18311901 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-05T03:42:40Z | - |
dc.date.available | 2022-10-05T03:42:40Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1898 | - |
dc.description.abstract | Pada hasil uji kompetensi guru terakhir, guru yang lulus dengan nilai minimal 80 tidak lebih dari 30%. Selebihnya guru masuk dalam kategori tidak kompeten. Akibatnya guru rata-rata mengajar dengan monoton, tidak terbuka sehingga siswa merasakan kesenjangan dalam proses belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi guru mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Daarul Muqimien Sukadiri Tangerang dan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Daarul Muqimien Sukadiri Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berupa wawancara terpusat. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi, dan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi guru fikih di Madrasah Aliyah Daarul Muqimien Sukadiri Tangerang berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dari, Mengelola: Guru fikih mengelola kontrak belajar sejak awal pembelajaran, strategi yang digunakan 3S (santai, serius, dan sukses). Metode yang digunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Teladan: Guru fikih datang tepat waktu dan berpakaian rapi. Mengamati rutinitas: Guru fikih memperhatikan atau mempelajari gerak gerik siswanya. Bertanggung jawab: Guru fikih bertanggung jawab dengan memposisikan dirinya sebagai guru, orangtua, dan sahabat bagi siswanya. Ancaman: Guru fikih memberikan peringatan tidak dapat mengikuti ujian bagi siswa yang melebihi batas maksimal alfa. Latar belakang: Guru tidak langsung melabeli siswanya ketika mengalami masalah. Adapun minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Daarul Muqimien Sukadiri Tangerang dapat dikatakan baik. Hal ini ditandai dari, Rasa tertarik: Siswa memperhatikan guru. Perasaan senang: Rasa senang yang timbul disebabkan oleh materi serta penjelasan yang menarik, kemudian rasa penting dan butuh dari diri siswa. Perhatian: Siswa belajar lebih giat, mempraktikkan apa yang sudah dipelajari. Partisipasi: Siswa bertanya kepada guru, mengerjakan tugas dan hadir tepat waktu | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi guru, | en_US |
dc.subject | Minat | en_US |
dc.subject | Fikih | en_US |
dc.title | Strategi Guru Fikih dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MA Daarul Muqimien Sukadiri Tangerang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18311901.pdf Restricted Access | 3.25 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18311901_Publik.pdf Restricted Access | 985.62 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.