Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1912
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEsi Hairani-
dc.contributor.authorPutri Alya Nurhalizah, 18312023-
dc.date.accessioned2022-10-05T05:09:41Z-
dc.date.available2022-10-05T05:09:41Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1912-
dc.description.abstractPendidikan erat kaitanya dengan proses belajar, sering kali dalam proses belajar pasti selalu ada masalah dalam pembelajaran, sehingga mengakibatkan efek belajar yang kurang optimal.termasuk permasalahan penundaan pengerjaan tugas yang diberikan guru yang disebut dengan prokrastinasi. Sikap penundaan tugas merupakan perilaku tindakan yang dapat menghambatnya proses belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya upaya guru dalam mengatasi perilaku tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk perilaku prokrastinasi akademik siswa serta upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi prokrastinasi akademik siswa SMPN 235 Jakarta khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif digunakan berdasarkan hasil penelitian di lapangan tentang memberikan suatu gambaran yang apa adanya tanpa adanya rekayasa yang terjadi dalam penelitian. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi prokrastinasi akademik antara lain untuk memaksimalkan peran-peran seorang guru, memberikan pendekatan persuasif dimana guru melakukan pendekatan dengan cara mengajak siswa atau murid yang melakukan prokrastinasi dengan mengobrol terebih dahulu atau mengecek hasil kerja tugas-tugas yang dikerjakan siswa dibuku tugasnya serta tidak lupa memberikan motivasi semangat belajar dan memberikan arahan dampak yang akan ditanggung jika terus-menerus melakukan perilaku tersebut. Lalu memberikan hukuman/Punisment yang mendidik kepada siswa agar ia tidak mengulangi lagi sikap tersebut. Dan juga bekerja sama dengan wali kelas dan guru bimbingan dan konseling (BK) sekolahen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectUpaya Guru PAIen_US
dc.subjectProkrastinasi Akademiken_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa SMPN 235 Jakartaen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312023.pdf
  Restricted Access
2.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.