Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2095
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Aqilah Nailil Afiah, 18311994 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-26T07:27:59Z | - |
dc.date.available | 2022-10-26T07:27:59Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2095 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian adalah pembahasan dalam kitab Ayyuhā al-Walad dapat membantu dalam memperbaiki pendidikan religius saat ini yang mulai mengalami kemerosotan. Serta dapat memberikan sumbangsih dalam Pendidikan Agama Islam. Dalam kitab ini Imam Al-Ghazālī mengajarkan pendidikan akhlak dalam bentuk nasihat-nasihat yang bersifat normatif dan tetap relevan dengan kondisi saat ini. Maka dari itu upaya mengkaji lebih dalam tentang nilai-nilai religius menurut Imam Ghazālī menjadi penting. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan religius menurut Al-Ghazālī dalam kitab Ayyuhā al-Walad dan relevansi tujuan pendidikan dalam kitab Ayyuhā al-Walad dengan tujuan pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Di sini penulis mengumpulkan beberapa data berupa buku-buku, jurnal yang membahas tentang pendidikan religius atau akhlak yang mengandung pemikiran Al-Ghazālī dalam kitab Ayyuhā al-Walad. Dalam penelitian ini penulis menggunakan desain penelitian library research atau yang sering disebut dengan penelitian pustaka. Penulis memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian, dan membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai pendidikan religius dalam kitab Ayyuhā al-Walad menurut Al-Ghazālī adalah iman kepada Allah, taat beribadah, beribadah pada malam hari, istiqamah, ikhlas, tawakkal, mengikuti syariah Allah, belajar ilmu; mengamalkan dan mengajarkannya dan mencari guru (mursyid). 2) Relevansi tujuan pendidikan religius yang ada pada kitab Ayyuhā al-Walad sangat relevan dengan tujuan pendidikan Islam zaman sekarang adalah sangat, yaitu untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah melalui pengabdian dan ibadah yang dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan Religius | en_US |
dc.subject | Imam Al-Ghazālī | en_US |
dc.subject | Kitab Ayyuhā Al-Walad | en_US |
dc.title | Nilai-Nilai Pendidikan Religius dalam Kitab Ayyuhā Al-Walad Karya Imam Al–Ghazālī | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18311994.pdf Restricted Access | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18311994_Publik.pdf Restricted Access | 722.67 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.