Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2100
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dewi Maharani | - |
dc.contributor.author | Rifdah Meidianty, 18312026 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-26T08:01:13Z | - |
dc.date.available | 2022-10-26T08:01:13Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2100 | - |
dc.description.abstract | Keberhasilan suatu proses pembelajaran dipengaruhi banyak sekali faktor, salah satu diantaranya ialah pemilihan model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan pengamatan siswa kelas VIII SMP Negeri 235 Jakarta, penggunaan model pembelajaran oleh guru belum bervariatif, penggunaan metode ceramah yang monoton membuat beberapa siswa terlihat jenuh mendengarkan penjelasan guru dan beberapa siswa lainnya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Model penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif melalui penerapan model pembelajaran VAK. Data diperoleh dari lembar pengamatan, wawancara, dan tes yang kemudian dianalisis dalam bentuk pesentase dengan subjek penelitian beberapa siswa kelas VIII SMP Negeri 235 Jakarta. Temuan hasil penelitian ini bahwa melalui model pembelajaran visual Auditori Kinestetik (VAK) yang inovatif ini dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman materi yang guru sampaikan. Naiknya tingkat keaktifan dan sikap kritis siswa terhadap suatu pembahasan materi membuat siswa semakin luas akan pengetahuan yang didapat. Suasana kelas yang terasa fun dan nyaman tidak lagi terasa jenuh, melainkan siswa menikmati proses belajar yang berlangsung. Pembelajaran yang sebelumnya membosankan dan monoton menjadi lebih menyenangkan sehingga seiring berjalannya waktu, minat belajar siswa meningkat dalam memahami materi pembelajaran Islam dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran VAK | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Pembelajaran PAI | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 235 Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18312026.pdf Restricted Access | 7.97 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18312026_Publik.pdf Restricted Access | 1.64 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.