Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2107
Title: Implementasi Metode Talaqqi dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Aisyah Samawa Kabupaten Sumbawa Besar
Authors: Ermy Rahdianita Anugerah, 18312041
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Keterampilan membaca Al-Qur’an atau lebih dikenal dengan istilah mengaji merupakan keterampilan penting pada fase awal guna memahami kandungan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi di pondok pesantren Aisyah Samawa dan apakah penerapan metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara langsung dengan pimpinan pondok, para guru, santri serta pengamatan secara langsung di lapangan dan data sekunder berupa data-data sekolah, buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri pondok pesantren Aisyah Samawa. Kesimpulannya adalah 1) Implementasi metode talaqqi di pondok pesantren Aisyah Samawa berjalan dengan baik, terbukti dari sistem pengajaran yang terarah sehingga santri bisa menyelesaikan target hafalannya masing-masing bahkan ada juga santri yang melebihi target setiap semester, 2) Adanya metode talaqqi ini sangat membantu terutama untuk santri yang tidak mampu membaca Al-Qur’an dengan baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2107
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312041.pdf2.06 MBAdobe PDFView/Open
18312041_Publik.pdf952.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.