Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2111
Title: Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa (Studi Kasus Kelas 5 SD Bani Saleh 2 Bekasi)
Authors: Safiera Rachmatusifa, 18312053
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang implementasi metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SD Bani Saleh 2 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interaktif jenis studi kasus dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan, bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa (Studi Kasus Kelas 5 SD Bani Saleh 2 Bekasi) yaitu: Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz di SD Bani Saleh 2 Bekasi telah berjalan sejak tahun 2016 sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan, Adapun dalam penggunaan metode pembelajaran tahfiz sekolah belum menggunakan metode khusus dan selama ini metode tahfiz yang digunakan oleh guru tahfiz kelas 5 adalah gabungan dari beberapa metode yang sudah ada, yaitu: Metode Talaqqi, Metode Takrir, Metode Simai’, dan Metode Tasmi’. Adapun upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa adalah dengan menambahkan mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), memiliki ekstrakulikuler iqro/tahsin, mengadakan kegiatan Tasmi’ Hifzul Qur’an. Demikian hasil yang diperoleh adalah rata-rata siswa dapat mencapai target hafalannya bahkan ada yang hampir melampaui target.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2111
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312053.pdf2.52 MBAdobe PDFView/Open
18312053_Publik.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.