Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/213
Title: Efektifitas Menghafal Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan
Authors: Nita Millatul Haq, 13311207
Advisor: Artani Hasbi
Issue Date: 2017
Publisher: Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penulis tertarik terhadap pelaksanaan menghafal Al- Qur’an yang dilakukan setiap hari oleh siswa-siswa SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan sebagai program wajib yang harus ditempuh, minimal mendapatkan hafalan 5 juz selama masa belajar. Oleh karena penghafal Al-Qur’an merupakan orang pilihan Allah, yang tak sebarang orang dapat melakukan hal tersebut, karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi apalagi pada zaman yang serba instan dan banyak pergaulan bebas yang dapat memengaruhi masa belajar bagi para remaja saat ini. Penulis memilih SMP IT Al-Multazam 2 Kuningan sebagai tempat penelitian bagi penulis karena sekolah ini memiliki kegiatan-kegiatan keagamaan yang cukup baik sehingga dapat menjadi tempat untuk melatih pola hidup yang teratur dan membentuk kepribadian yang seimbang antara kebutuhan akademik dan keagamaanya. Skripsi ini membahas efektivitas menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual SMP IT Al- Multazam 2 Kuningan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah menghafal Al-Qur’an efektif dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP IT Al- Multazam 2 Kuningan. Dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif yang hasil penelitiannya berupa angka-angka dan dihitung menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa perhitungan angka korelasi antara variabel X xvi (Menghafal Al-Qur’an) dan variabel Y (Kecerdasan Spiritual) dengan menggunakan product moment, besarnya rxy diperoleh nilai sebesar 0, 471 yang terletak antara 0,40 - 0,70 yang berarti korelasi/pengaruh yang sedang atau cukup. Maka penulis mengambil kesimpulan pada taraf signifikan 5% dan 1% yang mana rhitung lebih besar dari rtabel sehingga dengan demikian maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) di tolak. Dengan demikian penulis menarik kesimpulan bahwa menghafal Al-Qur’an efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/213
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13311207.pdf
  Restricted Access
3.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.