Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/222
Title: Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus pada Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu)
Authors: Azizah, 11311035
Advisor: Mahmudah Fitriyah
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Pada pembelajaran mata pelajaran fiqih, menurut penulis, seringkali dalam mengajar guru menggunakan metode ceramah dan siswa selalu sebagai pendengar tanpa adanya aktivitas, sehingga terkesan monoton, hal ini yang menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-Test and Post-Test Design. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu. Kelas VIII A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode diskusi, dan kelas VIII B dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 20 soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji “t” (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi “t” pada taraf signifikansi 0,05%. xiv Hasil penelitian menunjukan bahwa metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTs Darussalam Sukalila, hal ini dibuktikan dengan Tes hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata nilai pretest 56,7 dan skor posttest 82,4 dan pada kelas kontrol skor rata-rata nilai pretest 55,7 dan skor posttest 77,9, kelas eksperimen menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan Hasil perhitungan hipotesis posttest dengan menggunakan uji t pada taraf kepercayaan a = 0,05 yaitu diperoleh hasil Thitung > Ttabel yaitu 2,214 > 2,024. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan hasil belajar fiqih siswa.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/222
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311035.pdf
  Restricted Access
2.96 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.