Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/223
Title: Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Tentang Efektivitas Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) (Studi Kasus Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Angkatan 2011)
Authors: Yuanita Gayatri, 11311103
Advisor: Yayah Nurmaliah
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang efektivitas Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Angkatan 2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan agama islam (PAI) yang telah mengikuti Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT), adapun jumlah mahasiswa sebanyak 57 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan analisis product moment. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Angket yang peneliti buat adalah angket tertutup sebanyak 45 item yang berbentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa. Sedangkan, studi dokumentasi diperoleh dari dokumen penilaian kegiatan selama Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap efektivitas pelaksanaan Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT), studi kasus Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta Angkatan 2011, terjadi korelasi atau hubungan yang negatif atau tidak berjalan searah. Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment, maka pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,325, dimana r tabel dengan df sebesar 55 pada taraf signifikansi 5% didapat sebesar 0,250. Membandingkan besarnya nilai rxy yang diperoleh adalah 0,0181, sedangkan r tabel masing-masing sebesar 0,325 dan 0,250 dengan demikian nilai rxy lebih rendah/kecil dari nilai r tabel, berarti hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesis nol (Ho) diterima.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/223
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311103.pdf
  Restricted Access
2.72 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.