Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2337
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLenny Brida-
dc.contributor.authorFitri Norazmi, 06310784-
dc.date.accessioned2022-11-18T04:42:27Z-
dc.date.available2022-11-18T04:42:27Z-
dc.date.issued2011-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2337-
dc.description.abstractKadangkala ditemui anak di sekolah yang kurang mampu atau mempunyai prestasi yang kurang baik bukan karena bodoh tapi karena kurangnya perhatian orang tua. Menurut hasil penelitian pakar dibidang Psikologi membuktikan bahwa semakin tinggi intensitas perhatian maka semakin sukses suatu aktivitas, hal ini dibuktikan dari hasil penelitian penulis juga bahwa perhatian orang tua terhadap motivasi belajar anak sangat besar pengaruhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMPI Al­Khasyi 'un Ciputat. Perhatian orang tua adalah kesadaran jiwa orang tua untuk memperdulikan anaknya, terutama dalam hal memberikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, baik dalam segi emosional maupun material. Sedangkan motivasi belajar adalah dorongan yang berasal dari dalam dan luar diri siswa yang sedang belajar. Bila perhatian orang tua terpenuhi maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hipotesis altematif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMPI Al-Khasyi'un Ciputat dan Ho dalam penelitian ini adalah tidak ada / tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMPI Al-Khasyi'un Ciputat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua sedangkan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 siswa dari seluruh siswa SMPI Al-Khasyi'un Ciputat. Sampel penelitian adalah 30 siswa, Cara pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling). Dalam pengumpulan data digunakan metode skala likert. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,792 dengan r tabel masing-masing sebesar 0,361 dan 0,436 dari perolehan df sebesar 28. Maka, dengan demikian r hitung adalah lebih besar dari pada r tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1 %. Karena r hitung lebih besar dari pada r tabel (baik 5% maupun 1 %), maka hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nihil ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar di SMPI Al-Khasyi'un Ciputat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPerhatian Orang Tuaen_US
dc.subjectMotivasi belajaren_US
dc.titlePengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Al-Khasyi'un Ciputat)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fitri Noramzi_FULL.pdf
  Restricted Access
8.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Fitri Noramzi_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.