Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2346
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIbrahim Abdul Halim-
dc.contributor.authorHasanah, 95210008-
dc.date.accessioned2022-11-18T07:03:04Z-
dc.date.available2022-11-18T07:03:04Z-
dc.date.issued2001-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2346-
dc.description.abstractBangsa Indonesia adalah bangsa yang mayoritas penduduknya beragama Islam, di mana al-Qur' an dijadikan sebagai pedoman hidup umat Islam, al-Qur' an adalah an-Nur yang diturunkan kepada nabi Muhammad sebagai undang-undang yang adil, syariah yang kekal. Di antara misi terpenting Islam, menurut Fazlur Rahman di dalamMajor Themes of Al-Qur 'an, ialah membela, menyelamatkan, membebaskan, melindungi dan memuliakan kelompok dhu 'a/a atau mustadh 'afin (yang lemah atau yang dilemahkan: yang menderita atau yang dibikin menderita). 1 Di antara kaum dhu 'a/a inilah posisi anak yatim, sehingga bila al-Qur'an menyebutkan kaum dhu 'a/a, sering anak yatim menduduki urutan pertama. Anak yatim adalah anak manusia yang telah kehilangan sesuatu yang didambakannya, berupa kasih sayang dari ayah atau ibunya atau keduanya yang menjadi tumpuan hidup, oleh karena itu usaha yang terpenting yang patut diberikan kepada mereka bukan saja materi, namun terutama adalah belaian kasih sayang yang tulus, ridha karena Allah, pendidikan berupa ilmu dan lain sebagainya. Al-Qur' an mempunyai perhatian khusus terhadap anak yatim dikarenakan ia masih kecil dan tidak mampu mewujudkan kemaslahatan yang akan menjamin masa depannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectAnak Yatimen_US
dc.subjectPemeliharaanen_US
dc.titleAyat-ayat tentang Pemeliharaan anak yatim dalam Al-Qur'an dan implementasinya di Yayasan Khazanah Kebajikan Cirendeu Tangerangen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hasanah_FULL.pdf
  Restricted Access
5.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.