Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/244
Title: Strategi Peningkatan Mutu Hafalan Al-Quran Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban Dan SMPIT Darul Quran Gunung Sindur Bogor
Authors: Elok Faiqoh, 214810132
Advisor: Nadjematul Faizah
Ade Naelul Huda
Issue Date: 2017
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Peneliti memilih judul penelitian ini karena pertama, peneliti melihat adanya perbedaan penerapan strategi dalam menghafal Al-Qur‟an pada kedua lembaga tersebut, yang kedua karena melihat keberhasilan dalam mencetak alumni-alumni yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan sampai internasional terutama dalam bidang Al-Qur‟an, ketiga peneliti merasa tertarik untuk memadu-padankan strategi yang ada pada kedua lembaga tersebut sehingga mampu menghasilkan kualitas strategi yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran menghafal Al-Qur‟an, mendeskripsikan strategi hafalan Al-Qur‟an, mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi hafalan Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research) yang bersifat analisis naratif (narrative analize) dengan pendekatan deskriptif melalui rancangan studi multi kasus dengan objek studi di MTs Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban dan SMPIT Darul Qur‟an Gunung Sindur Bogor. Peneliti sebagai human instrument dalam menganalisis hasil data yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Adapun hasil penelitian dari tesis ini antara lain: 1) Metode Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an pada MTs Salafiyah adalah menggunakan Metode Takriri dan pada SMPIT Darul Qur‟an menggunakan Metode Tahfidz. 2) Strategi Hafalan Al-Qur‟an pada MTs Salafiyah adalah Menetapkan Mushaf Tertentu Kepada Peserta Didik, Memberikan Reward, Menetapkan Target Tertentu dalam Menghafal, dan Melaksanakan Kegiatan Penunjang dan pada SMPIT Darul Qur‟an adalah Menetapkan Mushaf Tertentu Kepada Peserta Didik, Memberikan Reward, Menetapkan Target Tertentu dalam Menghafal, Melaksanakan Kegiatan Penunjang dan Memberikan Motivasi Setiap Akhir Bulan. 3) Pelaksanaan Evaluasi Hafalan Al-Qur‟an pada lembaga MTs Salafiyah dan SMPIT Darul Qur‟an adalah sama yaitu Memiliki Ketentuan Sebelum Evaluasi dan Pelaksanaan Evaluasi.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/244
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ELOK FAIQOH_214810132.pdf
  Restricted Access
Tesis-2148101326.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.