Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Muhaimin Zen-
dc.contributor.advisorAde Naelul Huda-
dc.contributor.authorAtikah Batubara, 215810138-
dc.date.accessioned2019-11-19T04:30:08Z-
dc.date.available2019-11-19T04:30:08Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/245-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai pengaruh motivasi menghafal dan lingkungan pesantren, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri LTTQ di Pondok Pesantren Qodratullah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah santri LTTQ di Pondok Pesantren Qodratullah dengan jumlah populasi 187 orang santri. Adapun cara penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan ukuran atau jumlah sampel, sehingga diperoleh sampel sebanyak 127 orang santri. Instrumen pengumpul data untuk variabel X1 dan X2 menggunakan kuesioner (angket), sedangkan variabel Y mengunakan tes lisan. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment, pada tingkat kepercayaan α=0,05. Hasil pengujian analisis sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh positif dan sedang dari motivasi menghafal terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien korelasi r=0,529, melalui persamaan regresi yˆ = 31,951 + 0,579 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi menghafal akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,579. Kedua, terdapat pengaruh positif dan sangat kuat dari lingkungan pesantren terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien korelasi r=0,921, melalui persamaan regresi yˆ = 2,713 + 0,839 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan pesantren akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,839. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan dan sangat kuat dari motivasi menghafal dan lingkungan pesantren secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi hafalan Al-Qur’an santri dengan koefisien korelasi r = 0,921, melalui persamaan regresi yˆ = 0,025 + 0,040 X1 + 0,821 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi menghafal dan lingkungan pesantren akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi hafalan Al-Qur’an santri sebesar 0,861.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMotivasi Menghafalen_US
dc.subjectLingkungan Pesantrenen_US
dc.subjectPrestasi Hafalan Al-Qur’an Santrien_US
dc.titlePengaruh Motivasi Menghafal Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Prestasi Hafalan Al-Quran Santrien_US
dc.title.alternativeStudi Kasus Pada LTTQ PonPes Qodratullah Langkan Banyuasin, Sumselen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Atikah Batubara_215810138.pdf
  Restricted Access
Tesis-21581013815.3 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.