Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/248
Title: Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Morning Discussion Dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa
Studi Kritis Di Kahfi BBC Motivator School Jakarta
Authors: Selvy Yuspitasari, 215810149
Advisor: Aziz Fakhrurozi
Nadratuzzaman
Issue Date: 2017
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tesis ini membahas tentang Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Morning Discussion dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Kajian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dan kesulitan dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga penulis tertarik untuk meneliti tentang metode pembalajaran yang digunakan dan proses pembelajarannya dalam pembelajaran public speaking ini.Adapun tujuan penelitian dalam tesis ini adalah, sebagaimana yang telah penulis kemukakan dalam rumusan masalah yaitu: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan public speaking mahasiswa melalui pembelajaran Morning Discussion (MD), Untuk mengetahui peningkatan kemampuan public speaking mahasiswa melalui pembelajaran Method Drill, Untuk mengetahui tingkat keaktifan mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah public speaking dengan menggunakan metode Morning Discussion (MD) dan Method Drill. Setelah dilakukan analisis tabel data pada bab IV, maka hal yang menjadi perumusan masalah dapat terjawab dan dapat diketahui bahwa: kemampuan public speaking mahasiswa yang diajar dengan metode morning discussion sebesar 20,8814 dan standar deviasi 8,789 serta metode drill sebesar 19,3051 dan standar deviasi 9,553. Hal ini berarti secara deskriptif kemampuan public speaking mahasiswa yang diajar dengan metode morning discussion lebih tinggi dan lebih konsisten daripada metode drill. Perhatikan kolom equal variances assumed, dan baris levene’s test for equality variances diperoleh F = 0,840 dengan angka sig. Atau p-value = 0,361 > 0,05, yang berarti varians populasi kedua kelompok sama atau homogen.Karena varians data homogen, maka akan dipilih kolom equal variances assumed dan pada baris t-test for equality means diperoleh harga t = 0,933, db = 116 dan sig. (2 tailed) atau p-value 0,353/2 = 0,1765 > 0,05 atau H0 ditolak. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan teruji oleh data, sehingga disimpulkan bahwa kemampuan public speaking mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode morning discussion lebih tinggi dan lebih konsisten daripada metode drill.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/248
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Selvy Yuspitasari (215810149).pdf
  Restricted Access
Tesis-2158101494.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.