Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/259
Title: Studi Komparatif Antara Siswa Tahfizh Dan Non Tahfizh Dalam Meraih Prestasi Akademik Dan Non Akademik
Studi Kasus Pontren Modern Dan Tahfizh Daarul Uluum Lido Bogor Jawa Barat
Authors: Herlin Misliani, 216430169
Advisor: Aziz Fakhrurrazi
Oka Gunawan
Issue Date: 2018
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai perbedaan siswa tahfizh dan non tahfizh dalam meraih prestasi akademik dan non akademik di Pondok Pesantren Modern Dan Tahfizh Daarul Uluum. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan komparasional. Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas 11 Pondok Pesantren Modern Dan Tahfizh Daarul Uluum Lido Bogor, yang berjumlah 242 orang. Adapun cara penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Penarikan sampel dilakukan dengan cara memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan oleh peneliti, jadi total sampel adalah 101 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis komparasional dengan teknik komparasi rumus t test, pada standar nilai p < 0,05. Hasil pengujian analisis sebagai berikut: Pertama, Prestasi akademik siswa tahfizh – prestasi akademik siswa non tahfizh = mean difference = 3,5144, Sig. (p) = 0,001. Karena nilai p < 0,05, signifikan, berarti ada perbedaan prestasi akademik antara siswa tahfizh dan siswa non tahfizh. Nilai 3,5144 menunjukkan bahwa nilai mean prestasi akademik siswa tahfizh lebih besar dibandingkan siswa non tahfizh. Berarti, prestasi akademik siswa tahfizh lebih unggul dibandingkan siswa non tahfizh. Kedua, Prestasi non akademik siswa tahfizh – prestasi non akademik siswa non tahfizh = mean difference = 3,1643, Sig. (p) = 0,005. Karena nilai p < 0,05, signifikan, berarti ada perbedaan prestasi non akademik antara siswa tahfizh dan siswa non tahfizh. Nilai 3,1643 menunjukkan bahwa nilai mean prestasi non akademik siswa tahfizh lebih besar dibandingkan siswa non tahfizh. Berarti, prestasi non akademik siswa tahfizh lebih unggul dibandingkan siswa non tahfizh.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/259
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Herlin Misliani (216430169).pdf
  Restricted Access
Tesis-2164301696.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.