Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/263
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorOka Gunawan-
dc.contributor.advisorHazairin-
dc.contributor.authorWala, 216430175-
dc.date.accessioned2019-11-19T08:47:45Z-
dc.date.available2019-11-19T08:47:45Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/263-
dc.description.abstractDalam dunia Pendidikan di Indonesia bahasa Arab merupakan salah satu mata perlajaran yang dimasukkan dalam kurikulum pendidikan terutama di lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis Islami. Salah satu lembaga formal yang ikut serta menggalakkan melalui pelajaran bahasa Arab SMPIT Buahati dan MTs As-Sa‟adah. Menurut Prof. M. Yunus, metode yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode langsung. Dari sekian banyak metode pembelajaran, dalam penelitian ini penulis ingin menganalisis salah satu metode yang diterapkan di sekolah tersebut adalah Metode Demonstrasi. Yaitu teknik mengajar yang dilakukan oleh seorang guru dengan sengaja diminta siswa sendiri ditunjuk untuk memperlihatkan kepada kelas tentang suatu proses atau cara melakukan sesuatu. Metode ini dapat membantu siswa dalam kesulitan belajar dan pemahaman pelajaran yang diajarkan oleh guru. Meode ini dikatagorikan metode langsung karena siswa secara langsung mendemonstrasikan suatu materi. Secara otomatis kemampuan pendidikan siswa di sekolah tersebut sangat tinggi dengan adanya metode ini. Persoalan yang ingin dianalisis dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan pendidikan bahasa Arab di sekolah SMPIT Buahati dan di MTs As-Sa‟adah. Berdasarkan jenis datanya, penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dan dikaji secara kuantitatif. Lokasi penelitian dini dilaksanakan di SMPIT Buahati dan MTs As-Sa„adah yang terletak di Jakarta Timur. Polulasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX sejumlah 71 orang, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.subjectKemampuan Pendidikanen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.titlePengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pendidikan Bahasa Arab Siswaen_US
dc.title.alternativeDi SMPIT Buahhati Dan MTS As-Sa'adah Jakarta Timuren_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wala (216430175).pdf
  Restricted Access
Tesis-2164301756.96 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.