Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2642
Title: Potongan Harga (Discount Sale) Perspektif Fiqh Muamalah dan Etika Bisnis (Studi Kasus Supermarket Tip Top)
Authors: Ramustika, 10110571
Advisor: Afidah Wahyuni
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Strategi harga merupakan elemen penting dalam usaha pemasaran produk dan memberi dampak langsung akan keuntungan yang akan diperoleh. Mengingat harga merupkan salah satu dari preferensi utama pembeli, penawaran harga yang lebih murah melalui potongan harga 'atau diskon menjadi kebijakan pemasaran. Kebijakan ini bertujuan untuk merangsang konsumen membeli dalam jumlah yang besar sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. dan menarik loyalitas konsumen. Namun tidak jarang, dalam prakteknya, terselubung perjudian dan penipuan yang melanggar etika bisnis dan transaksi yang sah (fiqh muamalah). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui aplikasi potongan harga di Supermarket Tip Top yang dianalisis dari sudut fiqh muamalah dan etika bisnis. Penelitian ini adalah penelitian komperatif di mana jenis penelitiannya adalah normatif empiris dengan pendekatan kasus ( case approach). Analisis konsep potongan harga di Supermarket Tip Top adalah pertama, analisis etika bisnis dan fiqh muamalah terhadap member card, diskon transaksi tuunai, diskon kuntitas dan undian berhadiah jenis menggosok/mengerik adalah boleh, kedua analisis etika bisnis terhadap undian SMS, Lucky Deep, Lucky Draw dan High Spender dibolehkan, tetapi analisis fiqh muamalah hukumnya boleh dengan syarat tidak mengandung unsur maysir, tabdzir, gharar, dharar, dan ighra '.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2642
Appears in Collections:Skripsi S1 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RAMUSTIKA_FULL.pdf
  Restricted Access
6.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.