Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/266
Title: Pemikiran KH. Imam Zarkasyi Dalam Membangun Pendidikan Kepribadian Santri Dan Aplikasinya Di Pondok Modern Gontor
Authors: Opik Hidayat, 217430200
Advisor: Artani Hasbi
Oka Gunawan
Issue Date: 2018
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Dasar pemikiran penulis mengangkat judul tesis ini adalah, setelah sebelumnya penulis melakukan kajian pustaka, belum ada tulisan yang membahas Pemikiran KH. Imam Zarkasyi Dalam Membangun Kepribadian Santri. KH. Imam Zarkasyi seorang tokoh pendidikan. Dengan dibuktikan konsep pemikirannya dengan adanya murid-murid KH. Imam Zarkasyi yang begitu banyak menjadi tokoh bangsa Indonesia. Sehingga mencetak generasi-generasi yang memiliki kepribadian yang kuat, serta bisa mewarnai Bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Tesis ini sejalan dengan Desertasi yang ditulis oleh Supriyadi Ahmad Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 2007 yang membahas tentang Pemikiran Keagamaan KH. Imam Zarkasyi dan Relevansinya Dengan Praksis Pendidikan bedanya pada tesis ini lebih rinci dalam membahas subtansi sifat kepribadian yang diaplikasikan di Pondok Modern Gontor. Tujuan penulisan ini dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif (Library Research) dimana seluruh data penelitian merujuk pada literatur yang berkaitan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemikiran KH. Imam Zarkasyi Dalam Membangun Pendidikan Kepribadian menghasilkan sebuah keimanan, akal, dan Pancajiwa Pondok (Keikhlsan, Kesederhanaan, Kemandirian, Ukhuwwah Islamiyah, dan Kebebasan). Pemikiran KH. Imam Zarkasyi di atas dapat ditemukan di Pondok Modern Gontor.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/266
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Opik Hidayat (217430200).pdf
  Restricted Access
Tesis-2174302004.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.