Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/267
Title: Aplikasi Kurikulum 2013 Di SMP Islam Panglima Besar Soedirman International Islamic Junior High School Jakarta Timur
Authors: Siti Nurjannah, 217430201
Advisor: Oka Gunawan
Yayah Nurmaliah
Issue Date: 2018
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 305/KEP/D/KR/2016. Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah qualitatif observation, dengan alat pengumpul data melalui wawancara dan study dokumentasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analitis, yaitu peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder yang dijadikan sebagai pijakan-nya. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis dengan menggunakan pendekatan deskriptif-analitik. Langkah yang ditempuh dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga tahap yaitu, tahap eksploratif, tahap observasi, dan tahap analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan dan kemampuan guru SMP Islam PBS-IIJHS Jakarta Timur dalam kelengkapan hasil kurikulum 2013 adalah dengan mencermati regulasi dari Permendikbud No.20 tahun 2016 tentang SKL; No.21 tahun 2016 tentang standar isi; No.22 tentang standar proses; No.23 tahun 2016, tentang standar penilaian hasil belajar; No.24 tahun 2016 tentang KI-KD. Selanjutnya upaya-upaya yang dilakukan oleh pimpinan SMP Islam PBS-IIJHS Jakarta Timur adalah menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran dan mengoptimalkan penggunaanya serta menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, dan pendidik yang dimiliki oleh SMP Islam PBS-IIJHS sudah 30% dengan kualifikasi akademik S2. Indikator keberhasilan dalam aplikasi kurikulum 2013 di SMP Islam PBS-IIJHS terlihat dari adanya perubahan dalam berbagai sisi antara lain; sikap positif peserta didik terhadap diri guru, dimana posisi guru menjadi teladan dalam kehidupan mereka, dan nasehat-nasehatnya dituruti; sikap positif peserta didik terhadap mata pelajaran, peserta didik sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan proses pembelajaran, dengan adanya guru menggunakan metode dan teknik yang bervariasi, rasa dan tanggung jawab tentang nilai keimanan dan ketakwaan menjadi tanggung jawab bersama dan terikat dalam kompetensi inti (KI.1& KI.2) pada setiap mata pelajaran.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/267
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Nurjannah (217430201).pdf
  Restricted Access
Tesis-2174302017.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.