Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Halim Sholeh-
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorArina Alfa Khasanatin, 217430180-
dc.date.accessioned2019-11-20T08:34:38Z-
dc.date.available2019-11-20T08:34:38Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/273-
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini mengenai begitu pentingnya penanaman karakter pada peserta didik, sehingga setiap sekolah memiliki cara sendiri untuk membentuk pribadi atau karakter setiap peserta didik. Setiap peserta didik memiliki tipe kecerdasan dan potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu penting bagi pendidik dan orang tua untuk mengetahui tipe kecerdasan masing-masing peserta didik dan cara mengembangkannya. Salah satu cara untuk mengetahui kepribadian peserta didik adalah dengan metode STIFIn, yaitu sebuah metode yang menjelaskan tipe kecerdasan atau kepribadian seseorang berdasarkan belahan otak yang dominan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode STIFIn dalam meningkatkan karakter Islami peserta didik di SD Islam Ibnu Hajar Bogor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yakni 1) observasi mengenai implementasi STIFIn dalam meningkatkan karakter Islami di SD Islam Ibnu Hajar Bogor; 2) wawancara, yakni penulis melakukan wawancara kepada kepala sekolah, bagian litbang, guru kelas dan guru leader, wali murid serta peserta didik; 3) dokumentasi, yakni foto dengan nara sumber wawancara, foto saat pembelajaran, buku penghubung, foto kegiatan-kegiatan yang meningkatkan karakter Islami peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Metode STIFIn dalam meningkatkan karakter peserta didik dapat menjadi alat bantu dalam mengidentifikasi karakter anak dan menentukan indikator pencapaian karakter anak sesuai dengan mesin kecerdasannya, serta membantu guru dalam mengidentifikasi masalah pada anak dan solusi mengatasinya. 2) Peningkatan karakter yang diterapkan di SD Islam Ibnu Hajar dibedakan sesuai dengan levelnya, untuk level 1-2 peningkatan karakternya adalah mandiri, untuk level 3-4 adalah percaya diri dan level 5-6 adalah aku berani, sedangkan dalam meningkatkan karakter Islami yang terapkan di SD Islam Ibnu Hajar Bogor dilaksanakan melalui keteladanan dan pembiasaan pada program-program religius agar mencapai misi sekolah yaitu menjadi generasi Rahmatan lil’Alamiin.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImplementasi Metode STIFInen_US
dc.subjectMeningkatkan Karakter Islamien_US
dc.titleImplementasi Metode Stifin Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Di Sekolah Alamen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus SD Islam Ibnu Hajar Bogoren_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arina Alfa Khasanatin (217430180).pdf
  Restricted Access
Tesis-21743018013.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.