Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2779
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Fudhaili-
dc.contributor.authorAtikah Nor Rahmawati, 10210385-
dc.date.accessioned2023-05-22T04:10:17Z-
dc.date.available2023-05-22T04:10:17Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2779-
dc.description.abstractDalam keseharian masyarakat, terlebihnya daerah pedesaan dan pedalaman, sangat berpegang dan mempercayai mitos­mitos yang sudah ada sejak zaman dulu, yang kebanyakan hanya berdalilkan cerita-cerita dari orang dahulu saja, Sehingga dapat membuat perilaku yang menjurus ke arah syirik seperti kepada roh-roh di pohon dan keris dengan mendewakan dan memberikan sesajen. Banyak hadis Rasulullah saw. yang berkenaan dengan ini, di antaranya adalah hadis yang meniadakan adanya penyakit menular, meramal nasib dengan burung, burung hantu, bulan Shafar, ghul (hantu gentayangan), tiga hal yang membawa kesialan, ramalan bintang/zodiak, dan al-fa 'l/tafa 'ul ( optimisme ). Rasulullah saw. juga menyatakan bahwa percaya terhadap mitos-mitos tersebut hukumnya adalah syirik. Selain karena ingin menghapuskan kebiasaan orang jahiliyah zaman dahulu, Rasulullah juga bermaksud membersihkan akidah umat Islam yang masih sangat berpegang dengan kepercayaan­kepercayaan yang menjadi warisan turun temurun dan mengekar tentang mitos tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini, dan metode pembahasan yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu metode pembahasan untuk memaparkan data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data tersebut. Selain itu, penulis berpedoman kepada buku penuntun terhadap mitos-mitos tersebut hukumnya adalah syirik. Selain karena ingin menghapuskan kebiasaan orang jahiliyah zaman dahulu, Rasulullah juga bermaksud membersihkan akidah umat Islam yang masih sangat berpegang dengan kepercayaan­kepercayaan yang menjadi warisan turun temurun dan mengekar tentang mitos tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini, dan metode pembahasan yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu metode pembahasan untuk memaparkan data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data tersebut. Selain itu, penulis berpedoman kepada buku penuntun terhadap mitos-mitos tersebut hukumnya adalah syirik. Selain karena ingin menghapuskan kebiasaan orang jahiliyah zaman dahulu, Rasulullah juga bermaksud membersihkan akidah umat Islam yang masih sangat berpegang dengan kepercayaan­kepercayaan yang menjadi warisan turun temurun dan mengekar tentang mitos tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini, dan metode pembahasan yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu metode pembahasan untuk memaparkan data yang telah tersusun dengan melakukan kajian terhadap data tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menghimpun buku atau tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectMitosen_US
dc.subjectMatan Hadisen_US
dc.titleMitos-Mitos dalam Matan Hadisen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Atikah Nor Rahmawati_FULL.pdf
  Restricted Access
8.72 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.