Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2825
Title: Efektivitas Perencanaan Pengajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Agama Islam Pada Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Gunung Sindur Bogor
Authors: Halimatussa 'diah, 96310275
Advisor: Akyas Azhari
Issue Date: 2002
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Dimensi pendidikan sangat luas, sehingga pendidikan tidak hanya melatih akal agar dapat berfikir secara sisternatis, tetapi juga rnernbentuk akhlak dan kejiwaan, rnenanarnkan keyakinan tentang agarna, rnernbangun rasa keindahan dan sosial kernasyarakatan, serta pendidikan juga rnerniliki kontribusi terhadap perkernbangan jasrnani. Islam sebagai agama yang universal sangat memperhatikan kebutuhan para perneluknya, termasuk pendidikan. Manusia yang terlahir tidak berpengetahuan diperintahkan untuk memberdayakan aka! pikirannya dengan jalan pendidikan, karena orang yang rnerniliki pengetahuan dan yang tidak memiliki itu tidak sama. Pendidikan dengan dimensinya yang luas tidak hanya dilaksanakan di sekolah (secara praktis di dalam kelas), tetapi juga di dalam keluarga dan masyarakat. Pendidikan tidak mengenal batas usia, tidak mengenal ruang waktu, pendidikan dibutuhkan oleh setiap orang dan dapat terjadi di setiap saat. "Pendidikan Islam berlanjut sepanjang hayat, sampai kepada berakirnya hidup di dunia ini". 2 Agar pendidikan dan pengajaran dapat hcr<laya guna, dipcrlukan pcrsiapan yang matang sebelum terjadinya interaksi belajar mengajar. Karena pendidikan nierupakan proses yang rumit, tidak hanya menyerap infonnasi dari guru tetapi melibatkan kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan, terutama bila menginginkan basil yang lebih baik. Dan sebagai figur sentral pelaksanaan pengajaran guru memiliki tanggung jawab yang besar untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2825
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Halimatussa'diyah_FULL.pdf
  Restricted Access
5.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.