Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2844
Title: Hubungan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Dengan Akhlak Siswa (Studi Kasus Kelas VII Dan VIII di MTs Al-Khairiyah Tegal Parang Jakarta Selatan)
Authors: Choiriyah, 04310732
Advisor: Sayuti Ahmad Nasution
Issue Date: 2008
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan akhlak adalah merupakan salah satu aspek yang sangat fundamental dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan kemasyarakatan. Karena bagaimanapun pandainya seorang anak didik dan tingginya tingkat intelegensinya baik tidak dilandasi dengan akhlak yang baik, atau budi pekerti yang luhur maka kelak tidak akan mencerminkan kepribadian yang baik. Masalah akhlak adalah masalah yang penting dalam islam dan bagi kehidupan umatnya. Akhlak adalah nilai pribadi dan harga diri seseorang, maka orang yang tidak berakhlak akan hilang harga dirinya dihadapan Allah Swt dan masyarakat. Seorang muslim wajib memperbaiki dirinya sebelum bertindak, ia harus beradab, berakhlak terhadap dirinya sendiri, karena ia dibebankan tanggung jawab terhadap keselamatan dan kemaslahatan dirinya dan lingkungan masyarakat. Dengan kata lain, apabila akhlaknya baik maka akan baik pula sikap dan perilaku, sebaliknya jika rusak akhlaknya maka rusak pula sikap dan perilakunya. Akhlak buruk menjadi musuh Islam yang utama karena misi Islam pertama-tama untuk membimbing manusia berakhlak mulia, untuk itu Islam sangat memerangi akhlak yang buruk. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi saw di mana beliau diutus menjadi Rasul adalah untuk menyempumakan dan memperbaiki akhlak manusia. Nabi saw di mana beliau diutus menjadi Rasul adalah untuk menyempumakan dan memperbaiki akhlak manusia.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2844
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Choiriyah_FULL.pdf
  Restricted Access
5.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.