Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2846
Title: ontribusi Pendidikan Taman Kanak-Kanak Putera-Pertiwi Terhadap Perkembangan Anak Dalam Persiapan Masuk Sekolab Dasar
Authors: Khairunnisa', 043 l 0704
Advisor: Anshori
Issue Date: 2008
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Anak yang berkualitas yang dalam terminologi ajaran islam disebut shaleh, yang merupakan darnbaan dan harapan orang tua. Untuk menjadi anak yang shaleh orang tua akan berusaha mewujudkannya dengan mendidik anak sejak usia dini, atau memasukkannya ke sekolah Taman kanak-kanak. Sebagai upaya mencapai anak shaleh. maka "anak didik di TK mulai diberi pendidikan secara berencana dan ·sistematis agar pendidikan yang diberikan lebih bermakna dan berarti bagi anak didik serta mendorong keberanian dan merangsang anak untuk bereksplorasi atau menyelidiki serta mencari pengalaman baru untuk perkembangan dirinya secara optimal". Oleh karena itu, para pendidik di TK wajib menaruh perhatian yang mendalam pada pendidikan pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara jasmani maupun rohani, seperti pertumbuhan badan dan fungsi fisiknya, seperti mata, telinga, dan perkembangan otaknya, karena pertumbuhan fisik ini akan dapat mcmpengaruhi perkembangan psikologis. Berkaitan dengan pesatnya teknologi canggih pada saat ini Nana Sujana mengatakan, Maraknya perkembangan teknologi seperti pengembangan akses internit diseluruh bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Peran guru mulai berkurang, tergeser oleh tehnologi yang dimanfaatkan sebagai media ataupun alat pengajaran, walaupun demikian peran guru tetap memiliki peran utama di dalam proses belajar mengajar, karena ada bagian-bagian yang tidak dapat digantikan oleh radio, tipe, recorder, atau computer yang paling canggih dan masih banyak unsur­-unsur manusiawi yang tidak dapat diganti oleh mesin seperti motivasi, sikap. kedisiplinan, perasaan dan system nilai. Untuk memenuhi dan mengimbangi hal tersebut maka diperlukan guru yang kreatif yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidangnya dalam menyampaikan pelajaran agar menarik perhatian anak. Dalam mengajar perlu menjadi mediator di mana pendidik .ketika anak membutuhkan bantuan, maka guru harus cepat membantunya, walaupun anak sebagai pelajar yang aktif dan ingin tahu segala hal, karena dengan bantuan yang tepat proses belajar anak akan lebih uktit:
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2846
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Khairunnisa_FULL.pdf
  Restricted Access
6.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.