Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2856
Title: Hubungan Antara Peran Orang Tua Dengan Prestasi Hafalan AI­Qur'an Siswa (studi kasus di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cempaka Putih, Tangerang selatan)
Authors: Armadania, 06310783
Advisor: Sayuti Ahmad Nasution
Issue Date: 2011
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini berjudul " Hubungan Antara Peran Orang Tua Dengan Prestasi hafalan Al-Qur' an siswa (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cempaka Putih, Tangerang Selatan)". Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan atau pengaruh antara peran orang tua dengan prestasi hafalan Al­Qur' an Siswa di Sekolah tersebut. Dan mengetahui prestasi hafalan Al-Qur' an siswa MIN Cempaka Putih Tangerang Selatan. Pada saat ini khususnya di Indonesia bermunculan sekolah berbasis Islam yang salah satu kurikulum wajibnya adalah menghafal AJ-Qur'an . Walaupun hal ini merupakan tugas Guru di Sekolah, tapi orang tua hendaknya ikut berperan aktif dalam membimbing anak menghafal AJ-Qur'an di rumah karena tanggung jawab terhadap anak sepenuhnya adalah orang tua. Guru hanya sebagai fasilitator. Tetapi pada kenyataannya banyak sekali orang tua yang kurang memberikan perhatian terhadap pendidikan anaknya teruatama dalam hal menghafal AJ-Qur' an Adapun usaha guru di sekolah hanyalah melakukan pembiasaan dan berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan prestasi hafalan AI-Qur' an selebihnya adalah tanggung jawab orang tua. Dengan pendekatkan penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis korelasi, maka peneliti menghubungkan antara peran orang tua dengan prestasi hafalan AJ-Qur'an siswa di mana data-datanya diperoleh dari angket, pengamatan, wawancara dan dokumentasi dari sekolah yang bersangkutan. Dari basil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa orang tua kurang berperan aktif dalam membantu anak meningkatkan prestasi hafalan AI-Qur' an. Hal berdasarkan basil akhir dari uji statistik yaitu tidak terdapat hubungan yang sangat signifikan antara peran orang tua dengan pretasi hafalan AJ-Qur' an siswa, hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai r xy 0, 149 yang menunjukkan hubungan sangat lemah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2856
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Armadania_FULL.pdf
  Restricted Access
5.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.