Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2863
Title: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam Basmalah
Authors: Nur Imamah, 07310838
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2012
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam basmalah, untulc mengetahui pendapat para mufassir tentang basmalah, juga untulc mengaplikasikan basmalah dalam pendidikan akhlak. Dari latar belakang masalah tentang pendidikan akhlak yang terkandung dalam basmalah bahwa semua perbuatan manusia hams berorientasi iman dan ibadah kepada Allah swt. Iman kepada Allah swt adalah dasar paling kuat bagi akhlak. Esensi akhlak adalah baik dan buruk, benar dan tidak benar. Iman kepada Allah memberikan keyakinan bahwa semua yang diperintah Allah itu benar dan baik, Sedang yang dilarang itu salah dan tidak benar. Manusia yang selalu beribadah kepada Allah swt, penuh ketaatan, clan ihsan, akan merasa dekat dengan Allah dan meyakini bahwa segala perbuatannya diketahui Allah swt. Dengan tehnik pengumpulan data dan analisis data, maka penulis bisa mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam basmalah. Dari basil pengumpulan data clan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam basmalah adalah nilai zikir, nilai ibadah, nilai kasih sayang, nilai kesetiakawanan sosial clan nilai optimisme. Sedangkan, aplikasi basmalah dalam pendidikan akhlak yaitu: basmalah ketika berwudhu, makan dan minum, menyembelih, berburu, daging-daging import, takut clan sulit tidur, keluar rumah, tidur, menguburkan mayat dan lain-lain.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2863
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
4. Nur Imamah.pdf
  Restricted Access
4.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.