Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2886
Title: Pengaruh Muj ahadah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus Mahasantri Ma'had Takhasus Institut Ilmu Al-Quran (IIQ))
Authors: Rosiana, 08310889
Advisor: Ahmad Fudhaili
Issue Date: 2013
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini berjudul Pengaruh Mujahadah , . .Oalam Meningkatkan Prestasi Belajar dengan studi kasus terhadap mahasantri ma'had takhassus Institut llmu Al-Qur'an (IIQ) jakarta. V ariabel be bas dalam penelitian ini adalah mahasantri yang mengikuti kegiatan mujahadah dan yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah sedangkan prestasi belajar adalah variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasantri Ma'had Takhasus IIQ Jakarta yang seluruhnya berjumlah 310 orang. Sampel penelitian adalah 40 Mahasantri, menggunakan metode sampel random (acak). Dalam pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mahasantri yang mengikuti kegiatan mujahadah dan yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah. Dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai IPK semester genap. Hasil analisis data penelitian dengan analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh y,mg signifikan pada variabel X 1 yaitu mahasantri yang mengik.7.lti mujahadah dan variabel Y yaitu prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi Fhit(bla) lebih kecil dari Fea0yaitu 80,4186 < 99,44. Dan koefisien detenninasi yaitu koefisien yang menunjukkan tingkat keeratan antara variabel X dan Y menunjukkan nilai sebesar 0,344. Jadi sebanyak 34% variasi prestasi belajar tidak dapat dipengaruhi oleh mahasantri ma'had takhasus institut ilmu al-Qur'an Jakarta. Sedangkan pada variabel .X 2 yaitu mahasantri yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah dan variabel Y prestasi belajar menunjukk:an korelasi yang signifikan, karena Fhfr: (b/a) lebih besar dari F::ab , yaitu 7,1896 > 34,25. Jadi variasi prestasi sepenuhnya dipengaruhi oleh mahasantri yang tidak mengikuti kegiatan mujahadah. Jadi, kesimpulannya variasi prestasi belajar sepenuhnya dipengaruhi oleh mahasantri yang mengikuti mujahadah dan yang tidak mengikuti mujahadah, karena banyak faktor lain yang ikut berpengaruh, seperti faktor internal dan faktor ektemal.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2886
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
3. ROSIANA_FULL.pdf
  Restricted Access
3.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.