Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2890
Title: Pengaruh Penggunaan Laboratorium Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Nilai Prestasi Belajar Bahasa Arab (Stu.di Kasus Siswa Kelas XI MA Pembangunan UIN Jakarta).
Authors: Nuha Maskunah, 09310919
Advisor: Jetty Maynur
Issue Date: 2013
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian rm berjudul "Pengamh Penggunaan Laboratorium Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa (Studi Kasus Siswa .Kelas XI MA Pembangunan UIN Jakarta.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium bahasa sebagai media pembelajaran terbadap basil prestasi belajar babasa Arab siswa Kelas XI :MA Pembangunan UIN Jakarta. Media adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, demi terciptanya tujuan pembelajaran. Sebagai alat bantu pembelajaran media merupakan bai yang tidak dapat diingkari keberadaannya, karena gurulah yang menghendaki adanya media tersebut dalam membantu tugas guru untuk menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik. Maka dari itu sebarusnya penggunaan media dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam kajian teori penulis memaparkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan penggunaan media laboratorium bahasa dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis korelasional product moment, maka peneliti menghubungkan antara penggunaan media laboratorium bahasa yang berasal dari basil angket dengan prestasi belajar bahasa Arab yang datanya berupa basil nilai illangan Harian dan Ujian Tengah Semester. Hasil penelitian menunjukkan babwa Hipotesis Altematif (Ha) ditolak dan Hipotesis Nihil (Ho) diterima, karena r bitung lebih kecil dari r tabel. Dengan besar r hitung adalah -0,1364. Maka korelasi antara penggunaan media laboratorium babasa dan prestasi belajar siswa kelas XI MA Pembangunan UIN Jakarta merupakan korelasi negatif karena basil perbitungan yang menunju..kkan angka (-), ini berarti bahwa penggunaan laboratorium bahasa tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MA Pembangunan UIN Jakarta dan kenaikan atau pertambahan pada penggunaan media laboratorium bahasa, akan diikuti dengan penurunan prestasi belajar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2890
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUHA MASKUNAH_FULL.pdf
  Restricted Access
4.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.