Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2910
Title: Pe-ran Rumah Singgah Terhadap Pembinaan Agama Islam Pada Anak Jalanan (Studi Kasus di Rumah Singgah Taman Indira Bulakan, Pondok Ranji)
Authors: Darmiyah, 09310934
Advisor: Ali Mursyid
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam skripsi ini peneliti mengkaji tentang peran Rumah Singgah terhadap pembinaan agamp. Islam pada anak pekerja jalanan yang ada disekitar Rumah Singgah Taman Indira Pondok Ranji,Tangerang Selatan. Yang dimaksud dengan Rumah Singgah disini adalah tempat proses nonformal yang memberikan suasana pusat resosialisasi anak j alanan terhadap sistem nilai dan norma di masyarakat. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang menghasilkan data berupa ata-kata tertulis atau lisan dari keadaan yang dapat diamati yang bertujuan menghasilkan data deskriptif. Dengan tujuan peneliti dapat mengetahui lebih jauh tentang peranan Rumah Singgah Taman Indira dalam membina anak jalanan dan juga bentuk-bentuk program yang ada di rumah singgah tersebut. Keberadaan Rumah Singgah Taman Indira telah memberi pengaruh yang besar bagi anak-anak jalanan disekitar rumah singgah. Hal ini terlihat jel􀀍s, dengan adanya program-program yang ada anak jalanan sedikit demi sedikit diberdayakan sehingga tujuan dari berdirinya rumah singgah bagi anak jalanan tercapai. Yaitu untuk membentuk kembali sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan nilai"'nilai dan norma yang berlaku di masyarakat dan memberikan pendidikan dini untuk pemenuhan kebutuhan anak dan menyiapkan masa depannya meraih masa depan yang cerah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2910
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DARMIYAH_FULL.pdf
  Restricted Access
4.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.