Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2917
Title: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur 'an (Kajian Tafsir Surah An-Nahl ayat 90)
Authors: Herni, 09310910
Advisor: Anshori
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah melihat adanya fenomena yang terjadi di zaman sekarang akhlak mulia adalah hal yang sangat mahal dan sulit ditemukan dan sistem pendid1kan nasional yang belum dapat sepenuhnya menunjukkan pendidikan yang berbasis pada akhlak yang taraplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah an-Nahl ayat 90, untuk mengetahui pendapat para mufassir tentang pendidikan akhlak yang terkandung dalam ayat tersebut juga untuk mengaplikasikan nilai-nilai tcrsebut dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini diiakukan melalui pendekatan library research dengan cara mencari. mengumpulkan, membaca dan menganalisis buku-buku yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan metode content analisis ( analisis isi) dengan cara menafsirkan surah an-Nahl ayat 90 dengan memaparkan berbagai nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam ayat tersebut serta menjelaskan makna yang terdapat di dalamnya dan menjelaskan isi kandungannya. Dari hasil penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah an-Nahl ayat 90 meliputi 3 perintah dan 3 larangan yaitu: perintah berbuat keadilan, perintah berbuat kebajikan (ihsan), perintah berbuat baik kepada kerabat dan larangan berbuat keji, mungkar dan aniaya.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2917
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HERNI_FULL.pdf
  Restricted Access
3.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.