Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2926
Title: Implementasi Metode Outdoor Learning dalam pembelajaran Fiqih (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Math/au! Khaer Tasikmalaya)
Authors: Meta Jahrah, 08310905
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 2014
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Mata pelajaran Fiqih terlihat verbalis ketika pembe]ajaran hanya dilaksanakan di dalam kelas dengan hanya menggunakan metode ceramah, dengan metode cermah, siswa dituntut untuk duduk manis, mendengarkan ceramah guru. Hal ini menyebabkan beberapa siswa merasa pembelajaran Fiqih adalah pembelajaran yang jenuh dan membosankan. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka guru harus pandai memilih metode yang akan digunakan dalam pembelajaran. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi literature, studi dokumentasi, triangulasi data. Implementasi metode outdoor learning pada pembelajaran fiqih sangat memilki banyak kelebihan. Hasil observasi penulis, mengenai langkah-langkah implementasi metode outdoor learning pada pembe]ajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Mathlaul Khaer Tasikmalaya_ sudah sesuai dengan teori yang sudah ada. Metode outdoor learning memilki kekuatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal itu dibenarkan oleh wali kelas IX dengan menjelaskan secara rinci daftar nilai kelas XI semester I tahun 2011/2012. hasil analisa penulis, nilai rata­rata mata pelajaran fiqih yang <liperoleh oleh siswa kelas IX MTs M􀁴,thlaul Khaer merupakan nilai tertinggfli diantara nilai rata-rata mata pelajaran agama lainnya. nilai rata-rata mata pelajaran fiqih yang diperoleh siswa kelas IX MTs Mathlaul Khaer adalah 86, 73 dapat dikategorikan Baik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2926
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
META JAHRAH_FULL.pdf
  Restricted Access
4.97 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.