Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2929
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAli Mursyid-
dc.contributor.authorNi'matul Imanah, 09310947-
dc.date.accessioned2023-05-29T09:05:37Z-
dc.date.available2023-05-29T09:05:37Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2929-
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul "Kontribusi Kegiatan Ekstrakuriknler Pramuka Dalam Memhentuk Karakter Siswa (Studi Kasus <li Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Pondok Aren)'', tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan, mengingat berbagai pemberitaan di media masa dan realitas kehidupan nyata yang menunjukkan bahwa telah terjadi degradasi moral dan etika di kalangan pelajar. Kerusakan moral tcrsebui mengindikasikan telah hilangnya nilai-nilai luhur yang melekat pada pelajar. Senientara itu diketahui bahwa pendidikan memiliki peran penting serta memiliki kontribusi yang sangat besar dalam membentuk karakter anak didik. Degradasi moral dan rendahnya etika di kalangan pelajar juga menunjukkan rendahnya mutu pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik. Oleh sebab itu penelitian entang kegiatan pramuka dalam membentuk karakter siswa menjadi penting adanya. Dalam melakukan peneitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penclitian kombinasi (mixed methods), yaitu memadukan antara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan deskriptif analis. Objek penelitian ini yaitu SDIT Cordova Pondok Aren. Setelah melalui proses analisis, penelitian m1 menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Sekolah Dasar Islam Terpadu K.ordova Pondok Aren memiiiki kontribusi dalam membentuk karakter siswa. Adapun karakter yang dibentuk melalui kegiatan pramuka diantaranya: karakter er tanggung jawab, disiplm, komunikatif, mandiri, dan cinta damai. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir data kuantitatif dan data kualitatif. Dari data kuantitatif yang diambil melalui angket kepada siswa kelas lima yang sedang mengikuti kegiatan pramuka menunjukkan bahwa, 84% s1swa menunjukkan karakter disiplin, 74% siswa menunjukkan karakter tanggung jawab, 98 % siswa menunjukkan karakter komunikatif, 100% siswa menunjukkan karakter cinta damai, dan 74% siswa menunjukkan karakter mandiri. Dari data kualitatif yang diambil melalui wawancara kepada kepala sekolah, bidang kesiswaan, pembina pramuka dan dua orang guru SDIT Cordova Pondok Aren menunjukkan bahwa kegiatan pramuka memiliki kontribusi daiam membentuk karakter sis;va, hal ini di lihat dari kegiatan-kegiatan pramuka yang langsung pada praktek pembentukan karakter seperi baris-berbaris, berkemah, upacara. pentas seni dan lain-lain. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah SDTI Cordova dalam pembetukan karakter siswa cukup berhasil.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKegiatan Ekstrakurikuler Pramukaen_US
dc.subjectPembentukan Karakter Siswaen_US
dc.titleKontribusi Kegiatan Ekstrakurikuier Pramuka Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di Sekolah Dasar !slam Terpadu Cordova Pondok Aren)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NI'MATUL IMANAH _FULL.pdf
  Restricted Access
5.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
NI'MATUL IMANAH _BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.