Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2932
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRachmat Mulyono-
dc.contributor.authorNursita Husaini, 10311011-
dc.date.accessioned2023-05-30T05:02:18Z-
dc.date.available2023-05-30T05:02:18Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2932-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara model pembelajaran Spider Web tema akhlak dengan akhlak siswa. Melalui model pembelajaran Spider Web tema akhlak ini, diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif pada akhlak siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di School of Universe Bogor. Responden dalam penelitian ini berjumlah 18 orang siswa, karena populasi yang ada kurang dari 100 (seratus) siswa, maka penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehingga diambil seluruhnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan metode analisis korelasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi product moment pearson pada program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20 for windows. Setelah melakukan analisa data maka diperoleh output koefisien sebesar 0,788 karena koefisien mendekati 1 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara model pembelajaran spider web tema akhlak dengan akhlak siswa sangat erat. Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi (Sig 2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan diterimanya Ha. Penulis juga melakukan analisa data menggunakan Korelasi Product Moment dan diperoleh hasil r hitung (rh) lebih besar daripada r tabel (rt) rh > rt pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,568 > 0,468. Sedangkan pada signifikansi 1 % r hitung lebih kecil dari pada r tabel rh < rt yaitu 0,568 < 0,590. Maka berdasarkan analisa data tersebut penulis mengambil kesimpulan pada signifikansi 5% sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Namun hubngan yang didapat dalam penelitian ini masuk dalam kategori sedang atau cukup karena berada pada interval 0,40 - 0,599. Jadi dapat disimpulkan bahwa memang ada hubungan positif antara model pembelajaran model spider web tema akhlak dengan akhlak siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik penerapan model pembelajaran Spider Web tersebut maka akan semakin baik pula akhlak siswa Sekolah Dasar School of Universe nantinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectSpider Weben_US
dc.subjectAkhlaken_US
dc.titleKorelasi Antara Model Pembelajaran Spider Web Terna Akhlak dengan Akhlak Siswa Sekolah Dasar SD School Of Universe, Parung, Bogoren_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURSITA HUSAINI_FULL.pdf
  Restricted Access
8.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.