Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3066
Title: Konsep Tentang Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
Authors: Lutfatul Latifah, 99310539
Advisor: Rif'at Syauqi Nawawi
Issue Date: 2003
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Kejayaan Islam yang berupa terbentuknya masyarakat Islam, berdirinya daulah Islamiyah dan tegaknya khalifah Islamiyah tidak dapat di wujudkan tanpa melalui proses pendidikan yang panjang. Pendidikan yang dimulai dengan pembentukan pribadi muslim dan rumah tangga Islami. Karena pendidikan adalah sebuah proses menuJu kesempurnaan secara bertahap. Aktifitas pendidikan dalam masyarakat manapun pasti akan dipengaruhi oleh dasar-dasar pemikiran, aturan dan palsafah masyarakat tersebut. Masyarakat kapitalis akan dipengaruhi oleh paham kapitalisnya yang berdiri di atas dasar individualis dan kebebasan tiap-tiap individu, bahkan kebebasan tersebut berjalan melampaui batas kewajaran, sehingga setiap individu bebas bergerak sebebas-bebasnya. Setiap orang memiliki kebebasan mutlak dalam setiap perkara kehidupannya. Individu dalam masyarakat tersebut sama sekali tidak mengenal hak orang lain bahkan tidak mau mengakuinya. Setiap individu melihat bahwa ia memiliki hak sepenuhnya dalam melampiaskan syahwat dan hawa nafsunya, meskipun hal itu akan merusak akhlak dan menghapus adat kebiasaan masyarakatnya. pendidikan dalam masyarakat seperti ini pasti akan dibangun di atas pemikiran seperti itu, para tokoh pendidikan akan menyerukan kebebasan dalam pendidikan. Mereka akan mengatakan, bahwa tidak akan ada kebaikan yang muncul dalam kehidupan manusia kecuali dengan membentangkan kebebasan bagi anggota masyarakat, baik wanita maupun laki-laki.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3066
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
73. Lutfatul Latifah.pdf
  Restricted Access
5.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.