Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3092
Title: Pengaruh Pembelajaran Kitab Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān karya Mannā’ Khalil al-Qaṭṭan (w.1420 h/1999m) Terhadap Pemahaman Ilmu al-Qur’an Para Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kabupaten Luwu Timur)
Authors: Annisa Berliana, 18210923
Advisor: Ahmad Dimyati Badruzaman
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Akar masalah pada saat ini adalah kapasitas manusia yang sangat terbatas dalam memahami ilmu al-Qur’ān. Sebagaimana yang kita lihat kurangnya pemahaman santri-santri yang ada di Indonesia tentang ilmu Al-Qur’an. Bukan hanya menghafalkan al-Qur’an saja Sebagaimana yang kita ketahui setiap mempelajari suatu ilmu pasti ada manfaat yang didapatkan di dalamnya, di pesantren inilah membuka kesempatan untuk memahami ilmu al-Qur’an dengan mempelajari kitab Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān, bukan hanya menghafalkan al-Qur’an dan cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar melainkan ilmu al-Qur’anpun mereka dapatkan dengan mempelajari kitab kitab Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Pembelajaran Kitab “Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān karya Mannā’ Khalil al-Qaṭṭān sudah mulai dikenalkan di Madrasah, Perguruan Tinggi maupun Pesantren, salah satunya di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo. Lembaga ini menjadi objek penelitian pada skripsi ini. Meskipun penelitian ini mengenai seputar pembelajaran kitab Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān karya Mannā’ Khalil al-Qaṭṭān , tetapi proses pembelajaran kitab yang terdapat di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo yakni kitab“Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān karya Mannā’ Khalil al-Qaṭṭān terkait dengan literatur penting ‘Ulūm al-Qur’ān. Berangkat dari fenomena di atas penelitian ini layak dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penlitian lapangan dan kualitatif, penelitian lapangan (field research), Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Adapun pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan pendekatan sosiologis yang berusaha seobjektif mungkin terhadap penilaian seluruh kegiatan yang dilaksanakan. Dengan menggunakan teori sosiologi Max Weber Adapun hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Mabāhiṡ fī ‘Ulūm al-Qur’ān berpengaruh terhadap pemahaman ilmu al-Qur’ān para santri, terkhusus di tempat penelitian penulis yakni di Pondok Pesantren Nurul Juanidiyah Lauwo Kabupaten Luwu Timur.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3092
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18210923.pdf
  Restricted Access
2.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.