Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3131
Title: | Kontribusi Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Al-Qur’an |
Authors: | Riri Triani, 15311489 |
Advisor: | Romlah Widayati |
Issue Date: | 2020 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Dalam penulisan ini penulis mengambil judul tentang Kontribusi Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan aktivitas yang tidak mudah. Hal yang terpenting dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an adalah mempelajari bacaan Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid dan makhrajnya, karena tajwid dan makhraj dapat mempengaruhi pelafalan bacaan Al-Qur’an. Untuk mencapai tujuan dibutuhkan suatu strategi dan cara yang sesuai, sehingga teracapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menjelaskan tentang Kontribusi Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Adapun langkah-langkah yang ditempuh saat penelitian yaitu dengan menggunakan teknik kajian pustaka, wawancara mendalam, serta mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil analisis, penulis menunjukkan bahwa kontribusi metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an sangat membantu peserta didik dalam mempelajarinya, karena diajarkan didalamnya semua kaidah membaca Al-Qur’an mulai dari yang mudah hingga yang sulit yang terdiri dari pengenalan huruf hijaiyyah, ilmu tajwid, makhorijul huruf, sifat huruf dan ghorib kalimat. Sehingga peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih dan baik sesuai dengan kaidah bacaan Al-Qur’an. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3131 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
15311489.pdf Restricted Access | 1.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.