Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3140
Title: Implementasi Metode Ummi dalam Menghafal Al-Qur’an pada Siswa Kelas VI di SDIT Indra Bangsa Tangerang
Authors: Sri Afifah, 18311940
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Implementasi merupakan suatu pelaksanaan atau tindakan dari rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Implementasi Metode Ummi dilakukan di sekolah SDIT Indra Bangsa dalam menghafal Al-Qur’an, karena sekolah ini merupakan sekolah yang unggul di program tahfidzh, sehingga sekolah tersebut ingin menerapakn metode ummi dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an Kelas VI di SDIT Indra Bangsa Tangerang dan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan menghafal Al-Qur’an Siswa Melalui Penerapan Metode Ummi. Metode penelitan yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif, tempat penelitian di SDIT Indra Bangsa Tangerang . Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data Primer bersal dari kepala sekolah, koordinator Qur’an, Guru Qur’an dan siswa kelas VI SDIT Indra Bangsa Tangerang, sedangkan data sekunder berasal dari data sekolah, jurnal, buku, artikel dan skripsi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, data penyajian dan data verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Indra Bangsa, hal ini dibuktikan dari 30 0rang siswa dikelas IV, 28 siswa telah menyelasaikan target hafalan juz 30 dan mengikuti munaqasah dan wisuda.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3140
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311940.pdf
  Restricted Access
2.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.