Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3141
Title: Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Khazanah Kebajikan Pamulang Tangerang Selatan
Authors: Annisa Nurul Afiffah, 18311953
Advisor: Kurnia Akbar
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah adalah kesiapan belajar dan proses belajar. Kesiapan belajar merupakan kondisi seorang individu yang mampu menjadikan siap untuk memberi respon atau jawaban dengan cara tertentu sehingga dalam proses pembelajaran siswa dapat lebih kondusif dan terarah untuk mengikuti proses belajar. Penelitian ini berujuan untuk mengatahui pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMK Khazanah Kebajikan Pamulang Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan uji angket yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar siswa kelas XI SMK Khazanah Kebajikan berada pada tingkat sedang tertinggi yaitu 63%. Sedangkan tingkat hasil belajar siswa kelas XI SMK Khazanah Kebajikan juga berada pada tingkat sedang berdasarkan nilai Ujian Akhir semester 79%. Berdasarkan hasil analisis statistik yaitu membandingkan nilai signifikan Fhitung>Ftabel atau 10.330>4.15 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya, variabel X (kesiapan belajar) secara signifikan berpengaruh terhadap variabel Y (hasil belajar). Adapun pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar adalah 25%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3141
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311953.pdf
  Restricted Access
2.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.