Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3148
Title: Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islamiyah Ciputat
Authors: Inayatul Maula, 18312006
Advisor: Eka Naelia Rahmah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatarblakangi tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari pemahaman siswa berdasarkan kompetensi dasar dan indkator yang harus dicapai oleh masing-masing peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidkan agama Islam di SMK Islamiyah Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, dan murid kelas XI TKJ-1 dan 2 SMK Islamiyah Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Islamiyah Ciputat sudah berjalanndengan baik, terlihat dari sebelum mengajar guru menyiapkan perangkat pembelajaran seperti silabus, prota, prosem, dan RPP. Penggunaan media, metode dan teknik pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung, serta memberikan stimulus agar memancing rasa ingin tahu siswa. Dari penerapan strategi tersebut maka, kualitas pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, terlihat dari tercapainya tujuan pembelajaran, peserta didik menjadi aktif dan kreatif dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran berjalan kondusif dengan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3148
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312006.pdf
  Restricted Access
3.16 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.