Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3158
Title: Pengaruh Sistem Be/ajar Moving class Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur 'an Juz 30 Siswa (Studi Kasus Pada SD Al-Fath Cirendeu Ciputat Kota Tangerang Selatan
Authors: Mariyah Afifah, 15311618
Advisor: Romlah Widayati
Issue Date: 2019
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Moving class adalah sistem belajar mengajar yang memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran. Sistem ini mencirikan kelas bergerak dimana siswa akan berpindah tempat sesuai dengan mata pelajaran yang telah di tentukan. Sistem moving class mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada siswa memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan yang dipelajarinya. Proses pembelajaran menghafal Al- Qur’an perlu konsentrasi lebih tinggi agar siswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik dan mudah. Dengan semangat menghafal Al-Qur’an siswa akan berusaha sebaik mungkin dalam proses pembelajaran di sertai dengan sikap disiplin, maka semua akan berjalan dengan baik dan tidak ada yang akan tertunda. Hal ini tentu akan berdampak dalam memperlancar proses menghafal Al-Qur’an dan proses pembelajaran akan terasa mudah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti tentang Pengaruh Sistem Belajar Moving Class Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Al-Fath Cirendeu Ciputat, maka peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara signifikan atau tidak antar Sistem Belajar Moving Class terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Al-Fath Cirendeu Ciputat, maka peneliti melakukan uji regresi linier sederhana, di mana nilai thitung sebesar 13,313 > ttabel 1,659 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Sistem Belajar Moving Class berpengaruh terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3158
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311618.pdf
  Restricted Access
2.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.