Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3161
Title: Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Remaja (Studi Kasus di Sengon Sari Kabupaten Asahan Medan Sumatera Utara)
Authors: Indri Luisteria, 19312075
Advisor: Reksiana
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan pola asuh dan peran orang tua yang tepat sesuai kebutuhan remaja akan menentukan tingkat motivasi mereka di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja dan untuk menggambarkan apa saja hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Desa Sengon Sari Kabupaten Asahan Medan Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di Desa Sengon Sari Kabupaten Asahan Medan Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah 10 orang tua dan 10 siswa remaja. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Desa Sengon Sari berbeda-beda antara lain pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Adapun hambatan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Desa Sengon Sari ada lima hal anatara lain kondisi anak, status ekonomi keluarga, status pendidikan, kesibukan orang tua, dan keadaan sekitar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3161
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
19312075.pdf
  Restricted Access
3.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
1-19312075_Publik.pdf
  Restricted Access
1.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.