Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3199
Title: Tradisi Murajaah Al-Qur’an (Studi Living Qur’an Metode Sholati Ila Mamati pada Ma’had Aly Baitul Qur’an Wonogiri)
Authors: Anis Musyafa’ah, 221411024
Advisor: Ade Naelul Huda
Samsul Ariyadi
Issue Date: 2023
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tesis ini mengkaji tentang fenomena living Qur’an terkait Metode Murajaah Sholati Ila Mamati yang dipraktikkan oleh santri Ma’had Aly Baitul Qur’an Wonogiri. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Metode Murajaah Sholati Ila Mamati ini dipraktikkan oleh santri Baitul Qur’an Wonogiri dalam kehidupan sehari-hari dan apa manfaat yang telah mereka rasakan. Alasan peneliti memilih Ma’had Aly Baitul Qur’an Wonogiri sebagai objek penelitian adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang memadukan antara pendidikan tahfiz Al-Qur’an dengan dirasah Islamiyyah yang berpatokan pada pendidikan tinggi Islam di Perguruan Tinggi. Selain itu, santri mendapat beasiswa full selama masa studi 2 tahun. Untuk memperoleh jawaban atas permasalahan di atas, peneliti malakukan penelitan lapangan (field research). Dengan menggunakan data informan 49 santri putra dan 66 santri putri. Data-data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan metode mix methods, dengan cara memilah data yang terkumpul berdasarkan pemahaman informasi atas Metode Murajaah Sholati Ila Mamati, baik dari segi hambatan maupun dukungan. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa seluruh santri menyatakan Metode Murajaah Sholati Ila Mamati sangat efektif diterapkan, sebab dari penerapan tersebut telah banyak memberikan manfaat bagi para santri, di antaranya: hafalan menjadi mutqin, dapat menikmati murajaah langsung kepada Allah SWT, dan bisa lebih fokus dalam murajaah.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3199
Appears in Collections:Tesis S2 Ilmu Al Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
221411024 - Anis Musyafa’ah.pdf
  Restricted Access
221411024 - Tesis3.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.