Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3234
Title: hip dan Shipper Dalam Media Sosial TikTok
Authors: Nurul Faizah Salsabila, 19220143
Advisor: Saepullah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: hip dan shipper dalam media sosial TikTok, TikTok merupakan aplikasi media sosial yang terbilang populer dan sukses. TikTok dengan mudah digunakan oleh penggunanya untuk berpartisipasi dalam membuat konten video durasi minimal 15 detik dengan vitur kreatif yang diciptakan oleh TikTok, dan dapat digunakan untuk berinteraksi dengan satu sama lain. TikTok menyajikan konten yang beragam dimulai dengan konten yang berisi Pendidikan, hiburan, lifestyle, dan konten seputar K-Pop. Konten seputar K-Pop dalam TikTok mengalami pertumbuhan yang cepat selama tiga tahun terakhir perbulan September 2021, salah satunya konten K-Pop berbasis ship. Konten K-Pop berbasis ship menyajikan konten video yang diproduksi dan didistribusikan berdasarkan pasangan idol favorit sebagai pasangan romantis dengan pola konten homoseksual setelah fans menerima fans service dari pasangan Idol tersebut. Permasalah pada penelitian ini terletak pada pola penyebaran konten homoseksual dalam media sosial TikTok, dan pengaruh yang diciptakan terhadap penggemar pada pengaruh kognitif, afektif, dan behavioral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola konten ship dan shipper pada media sosial TikTok yang ditujukan pada Idol K-Pop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teori yang digunakan pada penelitian ini berupa Teori Jarum Hipodermik Wilburn Schramm yang menyatakan bahwa komunikasi massa memberikan efek yang kuat terhadap komunikan, karena diyakini bahwa komunikan tidak memiliki kekuatan terhadap paparan informasi yang disampaikan. Penelitian ini mengambil 50 informan sebagai penggemar akun ship. Teknik pengumpulan data dengan observasi, pengisian kuesioner terbuka tertutup, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penyebaran konten ship pada idol K-Pop dengan pola konten homoseksual yang terdapat pada TikTok menggunakan algoritma TikTok berupa musik yang sedang tren untuk sampai pada For Your Page (FYP) penggemar TikTok, dan menggunakan hashtag. Dan konten ship idol K-Pop memengaruhi sedikit dari pola pikir, perasaan, dan perilaku penggemar terhadap LGBT untuk dinormalisasikan, dipahami, dan diikuti sebagai contoh dalam norma sosial.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3234
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
7-19220143.pdf
  Restricted Access
3.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.