Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3253
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSamsul Ariyadi-
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Alghifary Slamet-
dc.contributor.authorM. Taufiqurrohman, 220430299-
dc.date.accessioned2023-11-01T07:26:47Z-
dc.date.available2023-11-01T07:26:47Z-
dc.date.issued2023-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3253-
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang Konsep Pendidikan Moderasi Beragama yang disarikan dari tafsir pendidikan surah Al-Baqarah [2]: 143, untuk mengetahui konsep pendidikan moderasi beragama dari beragam penafsiran para pakar tafsir Al-Qur’an terkait ayat tersebut dan menghubungkannya dengan beberapa teori pendidikan terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ragam penafsiran untuk mencari ada tidaknya korelasi surah Al-Baqarah [2]: 143 dengan nilai-nilai pendidikan yang berhubungan dengan konsep moderasi beragama atau wasaṭiyyah, baik yang disuarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia atau para pakar yang membahas terkatit konsep tersebut. Penelitian ini studi kepustakaan yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, dengan demikian sumber data sepenuhnya berupa dokumen berupa buku-buku dan naskah-naskah yang berhubungan dengan kajian tafsir Al-Qur’an, baik dari penafsir klasik maupun kontemporer, buku-buku dan naskah-naskah yang berkaitan dengan moderasi beragama dan/atau wasaṭiyyah, buku-buku pendidikan agama Islam, dan buku atau naskah lain yang memiliki kaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis, dibandingkan, dan dicari kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan, pertama: konsep pendidikan moderasi beragama adalah pendidikan yang mengarahkan terbentuknya cara pandang sikap beragama yang moderat dan seimbang, kedua: integrasi nilai-nilai moderasi beragama dapat dilakukan dengan menyisipkannya ke Pendidikan agama Islam, ketiga: pembinaan moderasi beragama di sekolah dapat dilakukan melalui integrasi nilai moderasi beragama dalam PAI, variasi metode pembelajaran, memanfaatkan budaya sekolah, dan membangun lingkungan yang mendukung perkembangan moderasi beragama.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Moderasi Beragamaen_US
dc.subjectTafsir Ayat Pendidikanen_US
dc.subjectAl-Baqarah (2) 143en_US
dc.titleKonsep Pendidikan Moderasi Beragama dalam Islam (Studi Tafsir Ayat Pendidikan Q.S. Al-Baqarah (2): 143)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
220430299 - M. Taufiqurrohman.pdf
  Restricted Access
220430299 - Tesis7.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.