Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3274
Title: Efektivitas Metode Atqa Terhadap Pembelajaran Tadabbur Qur’an di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Megamendung Bogor
Authors: Achmad Fauzan M, 220430294
Advisor: Muhammad Ubaidillah Al-Ghifary
Ahmad Dimyati Badruzzaman
Issue Date: 2023
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Mega Mendung Bogor dengan metode ATQA, mengungkapkn keefektifan metode ATQA dalam pembelajaran Tadabbur Al Qur’an untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna Al-Qur’an di tempat tersebut, dan menguraikan faktor pendukung dan penghmbat dalam pembelajaran tadabbur Al-Qur’an dengan metode ATQA di tempat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an yang diterapkan di Pesantren Qur’an Ar-Rahman Mega Mendung Bogor dengan metode ATQA ada empat, yaitu dilaksanakan dua kali dalam sepekan; hari senin dan selasa, dalam penerapannya menggunakan sepuluh langkah, media pembelajarannnya dengan literasi digital, dan kegiatan pembelajaran ada tiga bagian, yaitu pembuka, inti dan penutup. 2). Keefektifan metode ATQA dalam pembelajaran Tadabbur Al Qur’an untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna Al-Quran adalah sangat efektif dengan adanya lima indiktor yang membuktikan hal tersebut, yaitu adanya tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, kreatifitas yang dimiliki oleh guru, interaksi aktif dari peserta didik, adanya evalusi yang baik. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran tadabbur Al-Qur’an dengan metode ATQA adalah pengajar yang kompeten dalam bidangnya dan sarana prasarana yang mendukung, program menghafal Al-Qur’an, dan pembelajaran arab. Adapun faktor penghambatnya adalah ada sebagian mahasantri yang tidak memiliki media laptop dan adanya beberapa mahasantri yang belum memiliki dasar bahasa arab.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3274
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
220430294 - Achmad Fauzan M.pdf
  Restricted Access
220430294 - Tesis3.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.