Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3287
Title: Penerapan Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an Melalui Metode Takrir dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung
Authors: Anasya Salsavadya Irani, 19312062
Advisor: Sri Tuti Rahmawati
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pada beberapa tahun terakhir, Banyaknya pendidikan sekolah Islam formal dan informal baik pondok pesantren Taḥfīẓ Al-Qur’an maupun rumah Taḥfīẓ yang memasukkan program Taḥfīẓ Al-Qur'an ke dalam kurikulum pembelajaran sekolah, karena dipengaruhi oleh tren penghafalan Al-Qur'an yang berkembang di kalangan masyarakat muslim di Indonesia. yang kini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Taḥfiẓ juz 30 dengan metode takrir dan strategi instruktur dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas VII di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 01 Lebak Rangkasbitung. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, komite sekolah, ketua instruktur Taḥfīẓ, 5 instruktur Taḥfīẓ, 12 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian pada penerapan pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di MTsN 01 Lebak Rangkasbitung menunjukan adanya peningkatan kualitas hafalan Al-Qur’an juz 30 berdasarkan penilaian Tajwid, Fashohah, dan kelancaran hafalan dengan upaya metode dan strategi yang diterapkan dalam pembelajaran oleh para instruktur Taḥfiẓ MTsN 01 Lebak Rangkasbitung.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3287
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
8-19312062.pdf
  Restricted Access
5.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.