Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3297
Title: Efektifitas Penerapan Metode Utsmani Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa Kelas II di SDIT Qur'an Mumtaz Rabbani Pamulang Tangerang Selatan
Authors: Nurul Rizki Pujianti, 19312085
Advisor: Siti Istiqomah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar membutuhkan salah satu metode pembelajaran yang ditetapkan guna untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang diharapkan. Dengan diterapkan metode pengajaran yang konsisten, proses belajar mengajar akan lebih efektif dan menghasilkan kualitas perkembangan siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode Utsmani dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an siswa kelas II di SDIT Qur'an Mumtaz Rabbani Pamulang-Tangerang Selatan. Meode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek dari penelitian yaitu Kepala Sekolah, Koordinator Qur'an, Guru Qur'an dan 3 orang peseta didik SDIT Qur'an Mumtaz Rabbani. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas penerapan Metode Utsmani dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an siswa kelas II di SDIT Qur'an Mumtaz Rabbani adalah dengan menerapkan tahapan yang ada dalam Metode Utsmani yaitu tahapan lima langkah antara lain: membaca dari depan, membaca dari belakang, membaca secara acak, talaqqi atau klasikal dan individual. Hasil dari penerapan Metode Utsmani yang sudah baik akan menghasilkan bacaan Al-Qur'an siswa yang berkualitas sesuai dengan kaidah tajwid dan menambah nilai positif dalam menghafalkan Al-Qur'an dengan cepat dan benar.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3297
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18-19312085.pdf
  Restricted Access
3.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.