Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3301
Title: Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Pasca Covid 19 Di SMP Paramarta, Jombang, Tangerang Selatan
Authors: Siti Aminah, 19312093
Advisor: Siti Rohmah
Issue Date: 2023
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulisan pada permasalahan rendahnya kualitas membaca Al-Qur’an siswa kelas 9 di SMP Paramarta pasca covid 19, dampak yang terjadi pada saat pembelajaran secara online dan strategi yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pasca covid 19 dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pasca covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Paramarta, Tangerang Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Orang Tua dan Peserta Didik Kelas IX. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) strategi guru pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Paramarta ini menerapkan strategi ekspositori, mengadakan praktek tadarrus program bulanan, melakukan pembelajaran membaca Al-Qur’an pada pelajaran PAI, melakukan pengetesan kepada setiap murid dan mengadakan evaluasi. 2) faktor pendukung dalam masalah tersebut adalah adanya minat siswa, program bulanan, mengadakan workshop untuk guru. Adapun faktor penghambat dari masalah tersebut adalah tidak adanya pelajaran membaca Al-Qur’an pada kelas 9, kurangnya minat siswa, kurangnya pengawasan orang tua dan kurangnya waktu pembelajaran.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3301
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
22-19312093.pdf
  Restricted Access
2.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.